Apakah Saya Bisa Mendesain Produk Saya Sendiri?

Sebagian orang mungkin pernah berpikir bahwa mendesain untuk keperluan yang sangat penting seperti produk yang dihasilkan sangatlah sulit. Lantas sering kali muncul pertanyaan apakah saya bisa mendesain produk saya sendiri? Pada para pengusaha yang belum memiliki brand sendiri.

Pertanyaan ini memiliki banyak sekali jawaban, dan ini tentu saja bergantung pada kemampuan masing-masing individu. Masing-masing orang juga tentu saja mampu untuk mendesain produknya sendiri, asalkan mau belajar cara mendesain dan memahami brand atau merk yang cukup unik dipasaran.

Pada zaman yang canggih saat ini, banyak sekali alternatif yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat desain. Semisal internet yang bisa Anda gunakan untuk mencari tahu cara mendesain yang tidak ketinggalan zaman. Kemudian bila Anda tidak bisa belajar secara otodidak mengenai desain, Anda bisa bergabung ke dalam forum komunitas yang terkait.

Bila desain kemasan Anda dalam bentuk logo atau merk untuk produk Anda, tentu saja ini akan memberikan kelebihan tersendiri. Kelebihan yang bisa peroleh yakni untung secara besar-besaran, hal ini karena produk Anda telah diketahui banyak orang dan telah tersebar. Ini akan membuat biaya produksi yang Anda keluarkan sangat minim.

Karena dengan pemberian merk pada produk Anda akan meyakinkan masyarakat bahwa produk yang Anda hasilkan telah memiliki konsep dan tentu saja akan percaya dengan produk yang Anda buat. Ini berarti pemberian desain kemasan bermakna karena Anda telah berencana memberikan apa yang diinginkan oleh pelanggan melalui produk Anda.

Namun pada kenyataanya, tak sedikit pengusaha yang tidak memberikan logo atau merk pada produknya sendiri. Padahal pemberian merk sangat berperan agar konsumen lebih mempercayai produk yang Anda hasilkan. Selain itu, produk yang diberi nama akan memudahkan konsumen mencari kembali produk Anda.
Persaingan yang kuat akan membuat para pengusaha berlomba-lomba menyediakan apa yang dibutuhkan masyarakat. Sehingga Anda memerlukan konsep dalam desain Anda yang lebih baik. Desain yang memuat konsep yang telah Anda buat tentu harus jelas, mudah diingat oleh orang yang membaca, dan juga unik.

Seperti halnya seseorang yang menawarkan jasa untuk membuat desain mereka akan memberikan tujuan pada pembuatannya, tujuan tersebut biasanya yang sesuai dengan kebutuhan pelanggannya yakni:
1. Simple dan Fresh
Desain dari suatu merk produk dari seorang yang menawarkan jasa akan memberikan desain yang simple dan juga fresh. Desain yang diberikan ini akan disesuaikan dengan perkembangan zaman.
2. Kreatif dan Original
Dalam mendesain suatu merk produk Anda, tentu saja membutuhkan desain yang kreatif yang berkesan indah dan juga pastinya desain tersebut tidak sama dengan desain orang lain atau original.
3. Mewah dan Eksklusif
Pada pembuatan desain yang memiliki desain terkesan mewah dan juga eksklusif tentu saja memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Desain logo yang mewah seperti ini sangat cocok untuk produk yang memiliki kualitas bagus dan terjamin.
4. Murah dan Berkualitas
Setelah puas dengan desain yang memiliki kualitas yang tak diragukan lagi, harga yang didapatkan akan sesuai dengan keuangan yang dimiliki seorang pelanggan mengingat harga yang terus bersaing dipasaran.
Begitulah desain kemasan yang perlu Anda pertimbangkan pembuatannya yang bisa Anda buat sendiri berdasarkan konsep yang telah Anda buat untuk produk Anda. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membaca.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply