Majukan UMKM dengan Produk yang Berkualitas dan Brand yang Menarik

Perkembangan Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia terbilang cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya produk-produk UMKM yang sudah banyak dikenal di masyarakat. Namun, perkembangan ini belum didukung dengan strategi pemasaran yang tepat. Kebanyakan UMKM memasarkan produknya dengan cara apa adanya, spontan, serta kurang terarah.

Untuk memasarkan produk UMKM memang diperlukan cara yang berbeda dengan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan besar. Hal ini dikarenakan UMKM memiliki biaya pemasaran yang lebih kecil, sehingga strateginya pun dilakukan sekreatif dan seefektif mungkin dengan biaya yang ringan atau bahkan tidak mengeluarkan biaya.

UMKM yang telah maju, berkembang dan dikenal oleh banyak masyarakat, biasanya memiliki strategi pemasaran yang bagus. Mereka telah memiliki konsumen tetap sekaligus terus menambah konsumen atau pelanggan baru. Salah satu hal yang mereka lakukan untuk mencapai hal tersebut ialah dengan membuat brand yang khas sehingga produknya mudah dikenal dan diingat masyarakat.

Dengan membuat desain branding yang menarik, serta membuat kemasan yang menunjukkan bahwa produk Anda berkualitas, dapat membuat produk UMKM Anda lebih mudah diminati dan diingat oleh masyarakat. Dengan begitu, UMKM dapat berkembang lebih maju karena memiliki banyak konsumen.

Namun ternyata, di Indonesia masih banyak UMKM yang mengalami kendala dalam hal pemasaran produk. Salah satu penyebabnya ialah mereka belum mengenal brand atau logo produk yang akan mereka pasarkan. Padahal dengan adanya brand ini, dapat membantu meningkatkan mutu serta kualitas poduk yang dibuat.

UMKM memang sebagian besar dibangun dengan modal yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan perusahaan besar. Selain itu, tingkat pengetahuan pemilik UMKM yang minim menyebabkan mereka kurang mengerti mengenai brand produk. Sebagian dari mereka belum memahami bahwa sebenarnya brand sangat penting untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap produk.

Untuk mengatasi hal-hal seperti yang terjadi di atas, penting bagi Anda memperhatikan strategi pemasaran yang tepat untuk produk Anda. Salah satunya ialah dengan menentukan desain branding, Mengingat brand cukup berpengaruh dalam menentukan kualitas produk. Brand yang menarik dan disertai dengan produk yang berkualitas dapat menunjang usaha Anda agar lebih berkembang.

Sebuah brand dapat dibuat dengan biaya yang murah, karena UMKM biasanya dirintis dengan modal yang tidak terlalu besar. Anda sebaiknya menyisihkan sedikit modal usaha Anda untuk membuat brand. Sebelum membuat brand, tentukan produk apa yang akan Anda pasarkan. Brand sebaiknya mampu menyampaikan produk yang ditawarkan.

Dalam membuat desain brand terdapat beberapa tips yang dapat Anda terapkan. Diantaranya ialah, membuat desain yang unik, menarik, dan mudah dikenal. Selain itu, buatlah brand yang mudah diingat oleh masyarakat, dan mudah diucapkan. Anda juga harus memperhatikan unsur pembeda pada brand Anda. Meskipun produknya sama, namun brand usaha Anda harus beda dengan milik orang lain.

Sebenarnya Anda dapat membuat sendiri desain branding untuk UMKM Anda. Namun untuk memastikan kualitas desain yang dapat menarik pelanggan, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan penyedia jasa pembuatan desain brand. Sehingga Anda dapat membuat brand yang dapat mencerminkan kualitas produk Anda.
Demikian artikel yang menjelaskan tentang usaha memajukan UMKM dengan produk yang berkualitas dan brand yang menarik. Dengan membuat desain brand yang unik dan menarik, diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk Anda agar tidak kalah dengan produk lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mengembangkan UMKM di daerah Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply